Tubuh adalah pengingat terbaik jika ada gangguan kesehatan di dalamnya. Tubuh akan memberikan sinyal yang harus diwaspadai oleh pemiliknya, bukan diabaikan.

Contoh secara umum saja, jika bibir mengalami kekeringan bisa berarti adalah tanda di mana tubuh kekurangan kadar air dan hidrasi. Untuk itu disarankan minum air atau mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air.

Lalu bagaimana jika tubuh memiliki gangguan keseimbangan asam dan basa? Kondisi ini terjadi jika kadar keduanya di dalam darah mengalami ketidak seimbangan. Oleh karena itu, bisa menyebabkan kinerja beberapa organ tidak maksimal. Hal tersebut bisa berakibat pada gangguan kesehatan.

Gangguan keseimbangan asam basa ada asidosis dan alkalosis. Keduanya dibagi menjadi dua yaitu respiratorik dan metabolik.

Asidosis jika kadar asam dalam tubuh terlalu tinggi, sedangkan alkalosis jika kadar basa di tubuh kelewat tinggi. Tentu saja keduanya tidak baik bagi kesehatan. Untuk jenis respiratorik dipengaruhi oleh pernapasan, yaitu berkaitan dengan paru-paru sedangkan metabolik berhubungan langsung dengan ginjal.

Baca juga :
Manfaat Mengkonsumsi Air Minum pH Tinggi Untuk Kesehatan

Gejala yang paling umum antara lain pusing, sakit kepala, mual, nafsu makan menurun, mulut kering, nyeri dada, dan lain sebagainya.

Keadaan keduanya bisa diminimalisir dengan cara mengonsumsi air putih yang cukup, menghindari minuman beralkohol dan berkafein, serta menjaga kadar gula dalam darah.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Can I Help You?
Send via WhatsApp