Bukan hanya rasa yang bisa dikecap oleh lidah, ternyata tubuh bisa ada dalam kondisi asam. Namun tentunya asam yang dimaksud berbeda dengan rasa yang biasa dideteksi oleh lidah. Normalnya tubuh memiliki pH antara 7,35-7,45. Lalu apa yang dimaksud dengan kondisi tubuh yang asam?

Kondisi tubuh yang asam yaitu ketika pH-nya kurang dari 7. Tentu saja karena di bawah normal, metabolisme di dalam tubuh tidak bekerja secara semestinya. Jika tubuh terlalu asam, akan terjadi penumpukan asam laktat baik ringan maupun parah. Penyebabnya bisa beragam, dan ciri-ciri jika tubuh terlalu asam adalah sebagai berikut :

1. Nyeri pada otot atau kram otot.
2. Perut terasa sakit.
3. Otot dan badan lemas.
4. Tubuh yang terasa lelah, gampang mengantuk, dan lesu.
5. Nafsu makan berkurang dari biasanya.
6. Diare.
7. Sakit kepala.
8. Mual dan muntah.
9. Berkeringat.

Baca juga :
Sehat Bugar Lewat Olahraga Rutin dan Konsumsi Air Mineral Beralkali

Tanda-tanda di atas tentu sangat umum ditemui pada diri kita bukan? Karena memang ciri jika tubuh terlalu asam memang tampak seperti penyakit pada umumnya. Bukan untuk dikhawatirkan namun sebaiknya waspada.

Jaga kesehatan, istirahat, dan pola makan yang sesuai dengan kondisi tubuh. Jika mengalami tanda seperti di atas, ada baiknya memperbaiki gaya hidup dan bila sudah terlalu parah bisa menghubungi dokter.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Can I Help You?
Send via WhatsApp